Dukung Desa Wisata Sendang, KKN ISI Surakarta rintis “Ngiroboyo Berbudaya”

 



















OWPN, Pacitan East Java | Desa Sendang terletak didaerah pesisir pantai selatan, sebagian besar wilayahnya perbukitan atau pegunungan. Desa Sendang juga disebut Desa wisata dengan keindahan pesona pantai yang dimilikinya. Saat ini terdapat dua destinasi wisata yaitu : Pantai Klayar yang terletak di Dusun Kendal dan dikelola oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Pantai Ngiroboyo atau bisa disebut Obyek Wisata Pesona Ngiroboyo yang terletak di Dusun Sambi dan dikelola oleh Pemerintah Desa melalui BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa) Subur Makmur. Desa sendang memang memiliki icon pariwisata yang sangat dikenal masyarakat luas, baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Namun potensi di bidang kesenian masih kurang dikarenakan potensi kesenian yang dimiliki belum digali sepenuhnya, Oleh karena itu mahasiswa KKN ISI Surakarta ingin menggali dan menggerakkan kembali potensi di bidang kesenian untuk mendukung desa wisata sendang.

KKN mahasiswa ISI Surakarta mengangkat tema “Ngiroboyo Berbudaya”, selama 20 hari, mulai tanggal 04 Agustus 2021 s.d 24 Agustus 2021 atas izin dari Kepala Desa Sendang Bapak Winarto, S.IP., dipandu Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Soemaryatmi, S. Kar., M. Hum. Ketua KKN Duwi Setiyowati yang kebetulan mahasiswa berdomisili di Kecamatan Donorojo bersama dengan anggota KKN sejumlah 8 orang terdiri dari Prodi Karawitan Leni Nur Lathifah, Prodi Seni Tari Asa Wuyung Realita, Firda Anggraini, Syahfitri Ken Rahmawati, Prodi Senjata Tradisional Keris Frendi Aji Saputro, Andika Adi Setiawan, dan Prodi Batik Vionita Rosady dan Mega Mustika Ayu.

Mereka memberikan pengetahuan gerak-gerak dasar tari, memberikan pelatihan tari kepada anak-anak dan remaja dusun Sambi. Memberikan pengetahuan serta pelatihan gamelan karawitan kepada karang taruna dusun Sambi. Memberikan whokshop pengetahuan pembuatan senjata tradisional keris, memberikan whokshop pembuatan batik shibori.

Selain itu, Mahasiswa KKN ISI Surakarta melakukan bekerja bareng dengan Karang Taruna dusun Sambi yaitu dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-76 mengadakan kegiatan senam pagi, lomba anak-anak dan kalangan umum berupa lomba gigit kelereng, makan kerupuk, memasukan paku ke dalam botol, balap karung dan voli geber yang di laksanakan pada tanggal 17 Agustus 2021. Mereka juga bekerjasama dengan Pacitan Wonderful dan Donorojo Wonderful untuk membuat dokumentasi berupa video promosi wisata dengan tema "Ngiroboyo Berbudaya". Pada acara penutupan, menampilkan hasil pelatihan tari, pelatihan karawitan, penayangan workshop pembuatan keris, penayangan profil kampus ISI Surakarta, penayangan prodi seni tari dan karawitan serta penayangan hasil pembuatan video Ngiroboyo.   

Belum ada Komentar untuk "Dukung Desa Wisata Sendang, KKN ISI Surakarta rintis “Ngiroboyo Berbudaya”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

wa