Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Ngiroboyo Penuhi Sarpras Standar Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Dalam upaya ikut aktif membantu Pemerintah memutus rantai penyebaran covid-19 di Kawasan Obyek Wisata Pesona Ngiroboyo, pengelola telah menyiapkan standar sarana prasarana protokol kesehatan, mulai tempat cuci tangan pakai sabun, thermo gun, ruang isolasi sementara, poster himbauan, APD Petugas, dll. 

Pengelola juga telah melakukan simulasi lokal, bagaimana jika pengunjung masuk, apa yang harus dilakukan, dan seterusnya. Sesuai dengan arahan dari Gugus Tugas Covid-19. 

Nah, untuk tahapan pembukaan obyek wisata sebagai berikut :

- FASE PRA SIMULASI : Adalah fase persiapan sebelum destinasi wisata dibuka. Semua harus memenuhi protokol kesehatan. Obyek wisatanya, pekerjanya, para pelaku usaha dan sarana prasarana yg dibutuhkan wisatawan sampai mendapatkan sertifikat dan rekomendasi dr gugus tugas covid 19. 

- FASE SIMULASI : Pada fase ini daya tarik wisata (obyek) sdh bisa menerima kunjungan wisata tetapi khusus wisatawan dari Kota Pacitan. Fase ini berjalan 1 bulan. Kalau selama 1 bulan dievaluasi tidak ada masalah maka selanjutnya menuju fase uji coba.

- FASE UJI COBA : Pada fase ini daya tarik wisata sudah boleh menerima wisatawan dari luar kota. Masa uji coba berjalan sampai 30/11/2020. Pada fase simulasi dan fase uji coba kendaraan wisata bus atau elf belum diperkenankan membawa wisatawan kepacitan. Yang diperbolehkan mobil pribadi yang berpenumpang max 8 org. Setelah fase uji coba tidak ada masalah, baru menuju new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

- ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB) memasuki masa ini kendaraan wisata bus atau elf sudah bisa membawa wisatawan kepacitan. Para sahabat pariwisata harus tetap mematuhi protokol kesehatan yg telah ditentukan. Sebelum masuk daya tarik wisata cuci tangan ditempat yang telah disediakan. Menjaga jarak. Harus memakai masker dan ada pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas. SOP protokol kesehatan ini berlaku disemua destinasi wisata yang ada di Pacitan.

Saat ini, pengelola obyek wisata Ngiroboyo sedang menyiapkan sarpras standar Protokol kesehatan pencegahan covid-19, selanjutnya akan melakukan Pra-Simulasi untuk mendapatkan sertifikat AKB dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Pacitan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

wa